Selasa, 04 Maret 2008

Panass, ,phanas,,PANAS badan ini

Pemanasan global makin meradang. cukup meradang sampai bisa membuat seorang pefry pada akhirnya mau make atribut lengkap ninja hatori ( atribut lengkap pelindung panas :red) pake sarung tangan, pake slayer, pake jaket, pake sepatu berikut kaos kaki, lengkap! Padahal tu atribut dulunya aq pake kalo mau ke luar kota aja, kek ke Banjarbaru atw ke Kandangan. tapi sekarang, biar pun cuma ke SMP 6 yang jaraknya ga sampe 2 kilo, tetep, harus pake semua atribut pelindung panas. jangan tanya lagi kemana fungsinya tu lotion tabir surya, ga bakal mempan! biar pake setengah botol sekaligus juga tetep aja begitu sampai di jalanan panas nya masya Allah, panas banget!

Tu baru panas matahari, belum lagi sekarang pengguna motor yang makin bejibun. sangking banyaknya pengguna motor di jalanan, kayaknya banjarmasin lebih pantes di sebut Kota Seribu Motor ketimbang Kota Seribu Sungai (ampun datu....). banyaknya itu loh yang bikin jalanan makin macet di ana-sini, bahkan jalur yang dulunya aq jadiin jalur andalan buat ngidarin macet juga ikut-ikutan macet.nah, kalo dah macet, pasti deh tu, yang namanya asap motor..debu jalanan..nyampur jadi satu, nemplok di badan, bikin kulit tambah item n dekil. mandi cuma ngandelin tangan? ga bakal mempan fren, at least km mesti pake shower puff ato kalo ga sabut kelapa sekalian buat ngilangin tu debu2 n sampah karbon sebelum nempel jadi daki di badan, ampun deh.

Sekali waktu, dosen mata kuliah Falsafah Ilmu Pengetahuan, Prof. Dr. M. P Lambut, pernah curhat colongan di depan kelas. katanya dulu dia tinggal di jalan Lambung Mangkurat yang bersebelahan persis sma sungai Martapura. katanya dulu air sungai jernih banget, sangking jernihnya malah bisa di minum langsung tanpa efek sakit sesudahnya. na kalo sekarang? boro2 buat langsung di minum, di endapkan dulu baru di rebus juga belum tentu bisa bikin airnya layak minum, perlu penyulingan berkali- kali mungkin baru airnya bisa layak minum.
Semua orang dari hulu sampai hilir tau kalo 60% penduduknya masih mengandalkan sungai sebagai jalur transportasi utama, dan qt semua juga tau dari jaman dulu warga banjar hobi banget tinggal di bantaran sungai malh sampai sekarang yang namanya rumah lanting masih eksis. kata mereka yang masih sering pake transportasi air dan masih tinggal di bantaran sungai sih: sungai adalah sumber penghidupan, tapi anehnya sekarang justru sungai semakin menyedihkan wajahnya. warnya jadi coklat pekat, sampah yang numpuk diatasnya diga saingan tingginya ma kapal yang lalu lalang di atasnya. Kalo sungai adlah sumber penghidupan, mestinyakan di cintai ya, dijaga supaya tetep bersih dan sehat, tapi ini malah kebalikannya.hhh..(ndengus) ironis ya.

Sungai udah kotor, trus daratan nya gimana? hehe.. ya sama aja..
buat temen-temen yang sering (ato seenggaknya pernah lewat Al-Ikhwan pasti dah ngerti banget masalah sampah di Banjarmasin. Al- Ihwan itu cuma satu dari sekian banyak 'titik sampah' yang ada di kota Banjarmasin, ada berpuluh-puluh titik sampah lain yang menanti untuk ditangani. sebenernya pasukan kuningnya udah rajin banget buat nguras box2 sampah itu, tapi ya balik lagi, baru di tinggal satu dua jam tu box2 sampah dah penuh lagi, tu sampah kayak diimport dari planet lain aja gitu trus brukk menuhin box2 sampah.

oh Banjar ku,, ayo donk...yang cantik...yang bersih...biar orang2 kangen ma banjar,,,jangan mau kalah ma Banjarbaru yang masih muda tapi prestasi nya di bidang tata kota n kebersihan dah bejibun..

2 komentar:

Reizo mengatakan...

senang punya temen yang peduli ma lingkungan...!
bukan sana aja yang banyak sampah
disini juga sama. ngak tahu bagaimana menguranginya.
ah bingung klo mikirin itu

jEzzAsimpLeguRl mengatakan...

cupEp, hikS hikS..
tuRut berDUka ciTa aTAs tercemarnyA lingkungAn banjARmAsin.
seTuju bAngEt Sama pernyATaan cupEp kAlo bAnjArmAsin lEbih Cocok dibilAng "koTa seRibu moTOr" DaripAda seribu sungAi.
semAkin banyAk penGgunA alaT tranSpoRtasi moTor, SemAkin meningkAT juGa penCemaRan poluSi aSap2 kenDaraan, deBu yAng udah gak kekonTrol lAgi. Dan pAnas yAng kAYaknyA semAKin menerjAng !!! nuSuk2 !!!
sepErti yAng pernAh jugA nEng bAhAs di Blog nEng "siApa lAgi kAlo bukAn Elo". cumA pEngEn kiTa semuA SadaR (teruTama nEng yAng ANak pErtaniAn) kAlo lingkungAn yAng inDah dibanjARmasin iTU uDah gAK Ada lAgi. uDAh gAk seJuk lAgi. gAK aDa uDara yAng bAgus yAng biSa dihirup Sama kiTa.
selamAT daTeng penyAkiT2 !!!